Gel Mampu Menumbuhkan Gigi Rusak Akibat Pembusukan

img
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Paris, Pembusukan gigi terjadi karena zat asam yang diproduksi bakteri menyerang enamel gigi sehingga struktur gigi melemah dan gampang membusuk. Kini dengan gel penemuan baru, gigi yang busuk bisa tumbuh normal lagi.

Pembusukan gigi atau sering disebut karies gigi merupakan masalah kesehatan masyarakat yang umum terjadi. Butuh waktu bertahun-tahun untuk dapat mengobati kerusakan gigi ini.

Tapi ilmuwan dari Prancis menemukan gel yang bisa membantu gigi busuk tumbuh kembali menjadi gigi sehat hanya dalam beberapa minggu.

Gel ini bekerja dengan mendorong sel-sel di gigi agar bisa tumbuh berlipatganda. Ilmuwan mengatakan bahwa dalam penelitian di laboratorium hanya perlu waktu satu bulan untuk dapat memulihkan gigi kembali di tempat semula.

Tim ilmuwan dari National Institute for Health and Medical Research di Paris menguji hormon yang menstimulasi melanocyte atau melanocyte-stimulating hormone (MSH), yang dapat merangsang pertumbuhan gigi.

Dalam penelitian, ilmuwan mencampur MSH dengan bahan kimia yang disebut dengan asam poli-L-glutamat. Campuran ini kemudian menjadi gel dan digosokkan ke sel yang diambil dari ekstrak gigi manusia.

Dalam percobaan yang terpisah, ilmuwan juga menerapkan gel ke gigi tikus yang berlubang. Dan hanya dalam satu bulan lubang di gigi sudah menghilang.

Gel ini masih menjalani pengujian dan baru bisa diproduksi dan digunakan dalam waktu tiga sampai lima tahun lagi. Temuan ini telah diterbitkan dalam jurnal American Chemical Society, ACS Nano.

"Ada banyak perkembangan menarik di bidang ini, ini hanya salah satunya," ujar Profesor Damien Walmsley, penasehat ilmiah British Dental Association, seperti dilansir dari Telegraph, Kamis (29/7/2010).

Menurut Walmsley, temuan ini tampaknya menjanjikan, tapi ilmuwan harus menunggu hasil dari uji klinis dan penggunaannya akan dibatasi untuk mengobati daerah kecil kerusakan pada gigi.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Gel ni sudah di produkkan ke....klau sye nk beli....?

Unknown mengatakan...

Gel ni sudah di produkkan ke....klau sye nk beli....?

  • description
  • description
  • description

AKHIRNYA JADI JUGA

AKHIRNYA JADI JUGA

Video Gallery

  • BETTER TECHNIQUE FOR A BETTER RESULT
    Anda bisa melakukan bicep curl 20 kg, namun bicep Anda masih kurang kencang dan berisi? Atau mungkin, Anda sudah melakukan Push Up ratusan kali, namun dada Anda belum terbentuk sesuai keinginan Anda?
  • TOES TO SKY
    Berbaringlah di lantai, kaki diangkat ke atas, membentuk 90 derajat
  • Titel Here
    Short Description for your post
  • Titel Here
    Short Description for your post
  • Titel Here
    Short Description for your post
  •